Bukit Cumbri, Masih Alami dan Punya Spot Foto yang Unik

Beberapa hari sebelum lebaran kemarin, tepatnya pada tanggal 29 April 2022 saya menyempatkan untuk mendaki ke bukit Cumbri, Wonogiri, Jawa Tengah.

Saya berangkat berdua dengan teman saya dari rumah saat sahur dan sampai di lokasi sekitar jam 6 pagi setelah matahari terbit.

Masih pagi sih, tapi rasanya masih kurang puas karena pengennya sih dapat pemandangan sunrise, tetapi berhubung jalur yang kita lalui cukup ekstrem jadi mau tidak mau sampai sana sudah agak panas.

Sesampai di lokasi saya langsung kagum dengan suananya karena sebelum masuk ke jalur pendakian ternyata desa-desa di sekitar jalur tersebut masih sangat alami, banyak sekali pepohonan dan jauh dari pertokoan maupun tempat wisata lainnya.

Vibesnya langsung terasa kaya main ke hutan. Bahkan sebelum parkir saya menemui anjing hutan yang mungkin sekarang sudah dipelihara oleh salah satu warga sekitar.

Saking alaminya, masuknya pun tanpa tiket masuk, hanya parkir, itupun parkit di mushola, tidak ada tempat parkir khusus apalagi penginapan.

Selanjutnya saya melanjutkan perjalanan untuk masuk ke jalur pendakian dan mulai menaiki bukit Cumbri tersebut. Sepertinya jalur yang saya lewati termasuk masih baru, karena kata teman saya yang sebelumnya pernah ke sana dia melewati jalur lain dan durasi untuk mencapai puncak bukit jauh lebih lama.

Karena ini bukit dan diameter puncaknya tidak begitu luas, maka jalur yang dilewati meskipun tidak jauh tapi cukup menanjak sehingga menguras tenaga. Selain itu bukit ini juga masih alami sehingga suasanya masih seperti hutan yang rimbun, meskipun kemungkinan besar sudah tidak ada hewan liar kecuali monyet.

Baru, ketika Anda sampai ke puncak maka semua itu terbayar lunas karena disuguhkan dengan pemandangan yang indah.

Spot foto yang unik.

Jadi di puncak bukit Cumbri ini ada tebing yang letaknya diujung, tebing ini terbuat dari bebatuan besar.

Kerennya jika Anda ke sana dan berada di atas bebatuan tersebut Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat cantik. View menghadap arah selatan dan timur yang penuh dengan bukit-bukit lain.

Apalagi jika Anda ke sana pada saat musim penghujan, dedaunan masih berwarna hijau. Segar dan enak dipandang warnanya.

Jika mengambil foto di situ juga akan menampilkan foto yang unik, saya bisa bilang begitu karena meskipun ini hanya bukit tetapi puncaknya mempunyai spot yang gak kalah keren sama di puncak gunung. Bahkan beberapa teman saya mengira saya sedang mendaki gunung.

Tapi ada yang harus diperhatikan juga ketika berkunjung ke bukit cumbri, sebab saat saya ke sana tidak lama setelah berada di puncak muncul banyak monyet berdatangan, jumlahnya puluhan.

Tentu saja ini cukup membuat pengunjung kurang nyaman, terutama yang tidak terbiasa mendaki ke gunung atau tempat yang masih alami. Bukan hanya itu, beberapa monyet terkadang nakal dan bukan tidak mungkin mengambil barang-barang Anda, terutama benda yang kecil seperti tas kecil dan sebagainya.

Hal ini perlu Anda pertimbangkan ketika ingin berkunjung ke sana. Kalau buat saya sebenarnya tidak terlalu masalah, apalagi masih banyak spot yang bisa digunakan untuk sekadar foto, duduk santai, dan menikmati pemandangan.

Hanya saja jika di kemudian hari saya berkunjung ke sana, mungkin saya akan membawa beberapa orang lagi yang berpengalaman dalam mendaki gunung.

Kalau mendengar cerita teman saya, sebenarnya monyet ini hanya ada di waktu-waktu tertentu. Jika di musim kemarau atau musim panen saatnya musim panen di desa-desa sekitar biasanya monyet-monyet ini tidak ada alias turun ke desa-desa. Tetapi konsekuensinya adalah mungkin pemandangannya gak akan seindah ketika musim hujan.

Sementara jika musim hujan waktu di sore hari juga rawan hujan. Jadi harus bijak mengatur waktu dan mempersiapkan segalanya.

Selepas turun dari sana saya pulang melalui jalur yang berbeda, kali ini saya lewat jalur Ponorogo untuk menuju ke rumah yang berada di Magetan. Jalannya jauh lebih nyaman daripada yang saya lewati saat berangkat.

Mungkin jarak yang ditempuh juga akan lebih jauh, tapi menurut saya lebih baik agak jauh tetapi nyaman.

Berikut adalah foto-foto di Bukit Cumbri, Wonogiri, Jawa Tengah.