Tidak Mudah Menjalani Kehidupan Sebagai Orang Tua (Kakek-Nenek)

Sejenak saya merenung, berpikir, dan memahami bagaimana kakek dan nenek saya menjalani hidupnya saat ini. Yang masih muda kadang tidak berpikir sampai sejauh itu, paling mentok mengais sudut pandang orang tua, namun tidak dengan sudut pandang kakek dan nenek.

Menurunnya kekuatan fisik dan selimut kesepian yang semakin erat adalah sesuatu yang mau tidak mau harus mereka hadapi. Jika kamu masih muda, coba bayangkan kamu tidak berinteraksi dengan temanmu, orang tuamu, atau siapapun selama satu minggu. Apakah kamu kuat?

Membayangkan saja mungkin sudah bisa membuatmu “ketakutan”. Meskipun ada yang dengan percaya diri dan menyangkal bahwa keadaan itu tidak akan terjadi karena punya keluarga, anak, game, gadget, dan sebagainya.

Tunggu dulu, itu hanya interaksi yang dibatasi, belum fisikmu yang kelak juga tidak akan sekuat sekarang. Mungkin saat kamu masih muda masih betah sendirian secara fisik namun kuat pegang gadget dan scroll medsos berhari-hari. Namun suatu saat nanti? belum tentu.

Jika kamu punya kakek atau nenek, jangan lupa ajak mereka ngobrol yaaaa… Kalau mereka hobi tanaman bantu ketika mereka merawat tanaman, kalau mereka suka binatang, berikan mereka binatang peliharaan. Agar tak sepi.

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *