Menanggapi Postingan tentang Negosiasi Harga Desain Logo



Baru saja tadi siang saya melihat postingan yang cukup ramai dikomentari banyak orang di dalam sebuah grup Facebook. Awalnya biasa aja, eh lama kelamaan gatel juga pengen nimbrung dan beropini.

Menariknya postingan ini sebenarnya sudah lama dibuat, entah tujuannya apa, tapi baru saja dibagikan di grup dan ramai di bahas.

Tulisan dari postingan tersebut seperti ini.

Setelah liat gambar ini, saya jadi sedih karena nyatanya graphic designer di Indonesia benar-benar sudah tak dihargai 😂
Para lulusan yang Kuliah DKV mahal-mahal tak ada gunanya kalo gitu.
Lu kira logo itu cuma corat coret comat comot traca trace sana sini
Logo perusahaan itu tanggung jawabnya berat, terutama masalah Haki.
Belum lagi biaya riset, analisa target audience, pemilihan konsep branding, buat GSM, akomodasi, wawancara, sewa software, beli font, beli pantone, buat prototype dan masih banyak lagi😂
15 juta itu sangat2 murah untuk logo profesional. Coba liat pertamina aja sampe M M an cuma buat logo😑

Dan screenshoot yang disertakan adalah berikut.


Komentar orang-orang pun beranekaragam, terutama dalam grup. Ada orang yang pro ke desainernya dan membuat analogi kasus ini seperti pengen ke tukan cukur malah masuk ke salon, ada juga yang pro ke penjual dan membuat sindiran "Emang lo Rio Purba?, mau naik haji nih, dll".

Tanggapan saya:

Mahal apa engganya harga itu tergantung value yang diberikan, worth it ngga?

15jt itu murah kalau identitas desainer emang udah kuat secara branding 500k itu pas banget kalau dia emang baru mulai di bidang tersebut.

Kalau desainernya nolak, mungkin dia emang ngerasa bisa dihargai lebih dari itu, tapi kita kan gatau detailnya Terus perusahaan travel sendiri posisinya udah sebesar apa kita jg gatau.

Aslinya kek gini pinter²an nempatin diri aja sih Jadi kalau bilang 15jt kemahalan, atau 500K kemurahan itu gabisa cuman diliat dari SS dan keterangan di atas.

Masa iya bandingin bisnis travel yang skalanya udah pasti jauh dari Pertamina mau dibandingin sama harga logo Pertamina? .

Coba lebih profesional, ditanya dulu, perusahaan travel bapak udah jalan brp tahun, biasanya dapet pelanggan brp, pelanggannya rata² buat holiday apa acara keluarga.

Kalau udah tentuin harganya + alasan kenapa harga segitu, misal karena jasa logo kita bla bla bla Deal/ga yaudah urusan belakangan yang penting alur negonya udah sesuai.

Catatan dari gw, kalau bisnis itu emang harus sabar, gw liat chatnya kek masih kurang secara etika, jauh lah kek gitu dihargai 15jt Inget, bisnis bukan cuman hasil, tapi pelayanan juga.

Oh iya, soal DKV, gw sendiri kuliah di DKV, tapi case kaya gini kurang cocok korelasinya kalau bawa jurusan DKV, karena ranahnya udah negosiasi, masuk ke marketing dan bisnis

Apalagi desain itu udah nancep di masyarakat kalau termasuk ilmu yang bisa dipelajari secara otodidak dan buat berprofesi di sana gak terlalu liat lulusan jurusan apa (kecuali perusahaan tertentu)

Jadi mau kuliah apapun bakalan kurang berguna kalau buat hidup kecuali belajar juga tentang bisnis

Skill jago, tapi gabisa membuat skill tsb jadi uang yang gabakal dapet uang, apapun bidangnya

Case di atas lebih ke negosiasi, bukan teknis desainnya

Gimana?

- Fauzan (tukang maido)

Posting Komentar untuk "Menanggapi Postingan tentang Negosiasi Harga Desain Logo"