Sunday, May 6, 2018

Cara Menambahkan Watermark dengan Photoshop CS4

Dengan Photoshop CS4
Yaelahzan.com - Pada kesempatan kali ini saya menulis cara yang berkaitan dengan edit foto dengan aplikasi Photoshop CS4. Edit yang saya maksud yaitu menambahkan watermark (tanda) pada gambar lainnya untuk melindungi hak cipta.


Mungkin bagi sebagian orang masih belum terlalu mengerti apa itu watermark atau biasa disingkat WM. Watermark merupakan sebuah tanda tangan digital yang biasanya diletakkan pada sebuah foto dan gambar.

Fungsi dari watermark sendiri yaitu memberitahukan kepada yang melihat siapa yang mempunyai atau membuat hasil karya berupa gambar atau foto tersebut.

Gambar yang digunakan sebagai watermark biasanya berupa logo, tulisan nama maupun lainnya.

Untuk menambahkan tanda seperti itu yang harus kita lakukan yaitu menempelkan gambar watermark pada hasil karya kita yang juga bisa kita lakukan dengan aplikasi di komputer atau laptop yaitu Photoshop CS4.

Saya sendiri sering kali menggunakan Photoshop karena menurut saya caranya sangatlah mudah dan biasanya hampir pada semua PC sudah memiliki aplikasi editing yang keren ini. Eh, daripada basa-basi langsung saja yuk ke tutorial-nya di bawah ini.

Cara memberikan tanda (WM) dengan Photoshop CS4


Berikut ini adalah langkah memberikan watermark (tanda) pada sebuah gambar dengan Photoshop CS4.

1. Buka Photoshop.
2. Buka file gambar atau foto yang akan diberi watermark.
3. Buka gambar watermark.
4. Klik ikon panah paling atas pada menu.
5. Klik dan tahan pada gambar watermark dan pindahkan ke tab foto yang akan diberi watermark.
6. Selanjutnya silahkan sesuaikan besar kecilnya dengan ctrl+t dan atur sendiri opacity-nya agar lebih mantap.
7. Simpan dengan cara klik file lalu save as.
8. Letakkan dimana kamu ingin menyimpan hasil gambar yang sudah diberi watermark, klik save
catatan: jika menyimpan dengan tempat yang sama seperti foto yang belum diberi watermark lebih baik gunakan nama yang berbeda untuk menghindari overwrite.

Jika masih belum jelas bisa kalian lihat saja video yang saya buat khusus untuk artikel ini. Mungkin dengan video berikut kalian bisa lebih paham.



Oh iya, jangan lupa subcribe juga ya channel Youtubenya. Disana nanti juga akan ada loh trik lain yang gak kalah keren.

Di atas adalah cara yang mungkin bisa dibilang paling mudah. Mungkin cara tersebut juga bisa diterapkan pada aplikasi Photoshop versi lainnya yang memiliki tampilan hampir sama.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.  Apabila ada yang masih kebingungan atau belum jelas (lagi) bisa kalian tanyakan di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel Terkait

Pelajar SMA yang senang dengan olahraga, sastra dan teknologi